terapi asam urat macaminfo.com

Terapi Asam Urat dengan Gerakan Yoga

Posted on

Terapi Asam Urat – Tujuan melakukan latihan Yoga adalah untuk meregangkan setiap bagian tubuh. Yoga tidak hanya membuat rileks, tetapi juga memperbaiki kualitas kelenturan otot. Asupan yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi pada kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat pada jeroan dan sea food. Maka, untuk menjaga kadar asam urat supaya tidak berlebih tidak ada salahnya anda berlatih yoga.

baca juga : Baca! Jenis – jenis Yoga beserta Manfaatnya untuk Fisik dan Mental

Ada beberapa pose atau gerakan yoga yang dapat membantu penyerapan nutrisi makan ke dalam saluran pencernaan secara lebih cepat. Apabila pose atau gerakan ini dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan setiap hari, tubuh akan sehat karena dapat menyerap nutrisi dengan cepat, mudah, dan aman.

Berikut ini beberapa pose atau gerakan yoga itu :

Pose atau Gerakan Seated Forward Bend

terapi asam urat macaminfo.com

Pose seated forward bend memberikan efek yang sangat baik pada organ internal (dalam), sehingga organ – organ ini dapat menyerap nutrisi makan dengan lebih baik. Pose atau gerakan yoga ini juga baik sekali bagi otot di sekitar hamstring (otot paha bawah) dan punggung bagian bawah.

Materi gerakan atau pose seated forward bend adalah anda duduk tegak dan meletakkan kaki ke depan. Luruskan lutut sehingga bagian hamstring menempel pada lantai (jangan sampai terangkat) dan tegakkan jari kaki ke atas. Naikkan kedua tangan ke atas dan berusaha cium lutut anda. Anda harus bisa memastikan :

  • Tulang punggung harus tegak, tidak boleh melengkung.
  • Paha tidak boleh terangkat, harus tetap di lantai

Catatan : Apabila anda belum bisa melakukan seated forward bend secara sempurna, anda dapat menggunakan yoga strap untuk menarik badan anda ke depan. Usahakan anda dapat menyentuh jari kaki dengan ujung jari tangan (dahi menyentuh kaki). Tahan posisi ini selama 3 menit untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Pose atau Gerakan Half Lord of The Fishes (ardha matsyendrasana)

Pose atau gerakan yoga ini menitikberatkan pada spinal twisting (memutarkan tulang punggung) yang memberikan pijatan pada organ internal dan perut. Pose atau gerakan yoga ini mengaktifkan pencernaan dan sangat baik untuk peregangan otot bagian belakang.

Pose atau Gerakan Cobra (bhujangasana)

Pose atau gerakan cobra yaitu memijit bagian perut dan menstimulasi pencernaan. Pose ini amat mudah dilakukan dan punggung bawah akan terasa sangat enak sekali bila dilakukan, terutama jika anda letih bekerja. Yang perlu diingat, saat melakukan pose atau gerakan cobra, anda harus membuka bagian dada. Jangan sampai dada mengerut ke muka, sebab hal tersebut tidak akan memberikan efek yang maksimal.

baca juga : Olahraga Yoga, Apa itu Yoga?

Demikian beberapa gerakan atau pose yoga yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi yang bisa mengurangi resiko asam urat. Pada intinya terapi asam urat ini anda harus bisa konsisten untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Apabila perlu datanglah ke sanggar yoga atau bertanyalah ke pelatih yoga anda.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply