ramuan asam urat macaminfo.com

Penting! 7 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Posted on

Ramuan Asam Urat – Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit yang menyerang bagian sendi akstremitas, yang terjadi karena peningkatan purin atau gout dalam darah. Penyakit ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Bangsa Mesir sekitar 5000 tahun lalu dan bangsa Yunani beberapa puluh abad kemudian sudah menyebutnya.

baca juga : Apa Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Al Razi (Rhazes), salah satu dokter muslim kenamaan di abad pertengahan, menyarankan beberapa jenis terapi untuk mengobati asam urat. sampai saat ini pun masih banyak obat – obatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi penyakit ini.

Berikut beberapa tanaman yang biasa digunakan dalam pengobatan asam urat, di antaranya :

1. Sidaguri

ramuan asam urat macaminfo.com

Sidaguri adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, sawah, dan tempat – tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindungi. Sidaguri mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memiliki efek mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringen), merangsang produksi air kencing (diuretik), dan menguatkan stamina. Selain efektif untuk ramuan asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cytitis, kelemahan seksual, dan kualitas sperma yang buruk.

2. Legundi

Bunga dan daun legundi adalah salah satu herbal yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena atritis dan scatica. Pohon legundi adalah semak merayap dengan tajuk tidak beraturan, aromatik, dan tinggi 1 – 4 m. Pohon ini dapat dijumpai sebagai tanaman liar di daerah hutan jati, hutan sekunder, di tepi jlan, dan pematang sawah. Legundi biasanya berbunga pada bulan Januari dampai Desember. Dan ini juga termasuk ke dalam bahan ramuan asam urat.

3. Jintan Hitam (habbatus sauda)

Habbatus sauda atau jintan hitam telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Ynanu dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan. Efeknya yang anti radang sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat meredam asma, flu, alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, dan mencegah kanker.

4. Salai Guggul

Tanaman ini banyak tumbuh di India dan Asia Selatan. Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan akibat asam urat. Asam boswelik yang terdapat di dalamnya juga dikenal bisa mengurangi kolesterol dan melindungi hati dari bakteri endoktosin. Bagian non-asam dari ekstrak pohon selai guggul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.

5. Jahe Merah

Jahe nmerah adalah herbal anti peradangan. Selain itu, jahe merah dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

6. Brotowali

Brotowali dinilai sebagai salah satu herbal utama peningkat sistem imun tumuh. Karena sifatnya tersebut, brotowali membuat tubuh lebih kuat dari serangan penyakit dan lebih awet muda. Selain meringankan asam urat, ramuan herbal brotowali juga bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, serta menyehatkan organ – organ vital tubuh.

7. Teh Hijau

ramuan asam urat macaminfo.com

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset yang dilakukan oleh Universitas Michigan menunjukkan, teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab infalmasi dan kerusakan sendipada pasien asam urat.

Di atas itulah 7 bahan herbal yang sangat bermanfaat untuk ramuan asam urat. Dan ternyata disamping untuk asam urat juga memiliki manfaat luar biasa yang lainnya yang sangat penting bagi kesehatan.

Bagaimana cara meramunya? BACA DISINI : Baca! 6 Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Asam Urat

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply