asam urat macaminfo.com

Apa Pantangan bagi Penderita Asam Urat?

Posted on
asam urat macaminfo.com

Asam Urat – Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi – sendi yang diserang terutama adalah jari – jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas, dan kaku.

baca juga : Mitos atau Fakta? Rasa Ngilu pada Sendi itu Asam Urat

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan.

Makanan yang sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi adalah makan yang banyak mengandung purin. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin adalah sebagai berikut :

Makanan yang mengandung purin tinggi bisa menyebabkan produksi asam urat tinggi. Asam urat yang tinggi bisa menybabkan berlebih dan sulit dibuang

  • GOLONGAN A

Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100gr makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, dan jenis jeroan lain, udang, remis, kerrang, sardine, hearing, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alcohol, serta makan dalam kaleng.

  • GOLONGAN B

Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100gr) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerrang – kerangan, kacang – kacangan kering, kembang kol, buncil, bayam, asparagus, jamur, daun singkong, daun papaya, dan kangkong.

  • GOLONGAN C

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100gr makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, dan buah – buahan.

Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan Golongan A dan membatasi diri untuk mengonsumsi bahan makan Golongan B. juga membatasi diri mengonsumsi lemak, serta disarankan untuk banyak minum air putih. Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala tingginya asam urat pada darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Beberapa hal berikut ini dianjurkan untuk mengurangi asam urat :

Anjuran :

  1. Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
  2. Perbanyak minum air putih, terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal, untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh
  3. Makan makan yang mengandung potassium tinggi, seperti sayuran, buah – buahan (terutama yang kaya vitamin C, seperti strawberry dan jeruk), kentang, alpukat, susu, dan yoghurt.
  4. Aktif secara seksual. Sebab, seks ternyata memperlancar produksi urine, sehingga menurunkan kadar asam urat
  5. Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asaam urat, seperti sidaguri, jintan hitam (habbatus sauda), brotowali, dan the hijau.

baca juga : Baca! 6 Ramuan Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Memang menjada pola makan sangatlah sulit, namun untuk menjaga kadar asam urat kita supaya tetap normal maka perlu diusahakan, Semoga kita bisa menjaga dari segala macam godaan makanan tersebut.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply