manfaat olahraga jogging

Apa Manfaat Olahraga Jogging? Untuk Fisik dan Mental

Posted on

manfaat olahraga jogging

Berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan secara mudah. Ada olahraga yang populer di kalangan masyarakat dan dengan biaya yang tergolong murah. Salah satu olahraga yang populer di kalangan masyarakat adalah Olahraga Jogging. Jogging merupakan salah satu kegiatan olahraga yang populer di kalangan pria dan wanita. Aktivitas olahraga jogging sangat mudah dilakukan, bisa dilakukan di pagi hari, siang hari dan malam hari tentu tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Perbedaan Jogging dengan Lari

Perbedaan yang paling mendasar dalam olahraga jogging dan berlari adalah dalam intensitasnya. Dalam melakukan aktivitas berlari dituntut untuk bergerak lebih cepat, lebih banyak mengeluarkan kalori, kinerja jantung, paru – paru dan otot lebih besar jika di bandingkan dengan jogging. Jogging lebih tergolong olahraga santai.

Jogging banyak memberikan manfaat kesehatan yang meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan. Manfaat  jogging begitu besar untuk FISIK dan MENTAL.

Berikut ini sedikit ulasan tentang manfaat olahraga jogging

Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Fisik

 

Karena olahraga jogging merupakan olahraga olah fisik, tentu dengan olah fisik tersebut akan memberikan manfaat pada fisik. Berikut Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Fisik

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Masalah tidur yang biasanya terjadi adalah susah tidur atau insomnia, dan ketika bangun tidur tubuh terasa lemas, dan tidak bugar. Hal itu menunjukkan bahwa kualitas tidur kita kurang baik. Perlu di lakukan pemecahannya, salah satunya dengan melakukan jogging.

Studi yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia diminta untuk olahraga jogging secara rutin, hasilnya mampu mempercepat waktu tidur mereka, dan tidurnya pun jadi lebih nyenyak di bandingkan mereka yang tidak melakukan aktivitas jogging.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari hasil studi menemukan bahwa jika kita olahraga jogging setidaknya 16 km dalam seminggu akan mengurangi resiko gangguan tekanan darah. Selain itu akan membuat kolesterol tidak terendap terlalu lama dalam pembuluh darah. Hal tersebut baik untuk menjaga kebugaran jantung.

  1. Membakar Kalori di Tubuh

Tujuan utama dari orang-orang ketika melakukan aktivitas ini adalah ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Memang dengan olahraga jogging akan mengurangi berat badan kita. Sebab ketika melakukan jogging, kalori dalam tubuh di bakar hingga 2 kali lipat di bandingkan hanya dengan berjalan kaki. Selain itu, karena jogging termasuk olahraga kardio, akan mampu mempercepat metabolisme tubuh.

  1. Membantu Membentuk Tubuh yang Ideal

Dengan olahraga jogging akan mampu membakar kalori yang berlebihan, dengan begitu kadar kalori di tubuh kita akan seimbang. Kondisi tersebut baik untuk membentuk tubuh yang langsing, dan membuatnya lebih ideal. Jogging juga bisa dijadikan sebagai olahraga malam, bagi anda yang sibuk beraktivitas di pagi hari.

  1. Kulit Tampak Lebih Cerah

Faktanya memang jogging berpengaruh terhadap perpanjangan umur, salah satunya di buktikan dari tampilan kulit kita yang akan di buat lebih cerah setelah rutin melakukannya. Dengan olahraga jogging akan membuat peredaran darah kita menjadi lancar, hal itu baik untuk metabolisme sel-sel kulit kita. Oleh karenanya dengan jogging akan membuat kulit kita lebih terlihat cerah, apalagi jika ditunjang dengan mengkonsumsi berbagai buah – buahan sehat setiap hari.

  1. Membantu Identifikasi Gejala Penyakit

Saat kita melakukan  jogging, gerakan-gerakan kita membuat metabolisme tubuh meningkat di segala organ tubuh. Jika ada kerusakan organ tubuh, maka akan dapat dirasakan saat kita bergerak. Ketika sedang bergerak, ada rasa sakit yang tidak wajar di salah satu bagian tubuh kita. Oleh karena itu, saat kita jogging turut membantu kita untuk mendeteksi apakah ada sesuatu yang salah dari tubuh kita.

  1. Konsentrasi Meningkat

Pakar berpendapat bahwa olahraga jogging juga merupakan meditasi seperti yang ditemui pada olahraga yoga. Sama halnya dengan meditasi, olahraga jogging pun turut meningkatkan kemampuan otak. Membuat pikiran kita lebih mudah berkonsentrasi. Banyak juga para atlet yang berpendapat demikian, bahwa dengan kita melakukan olahraga jogging akan membuat daya konsentrasi kita lebih meningkat.

  1. Mengencangkan Otot Betis

Betis yang terlihat kecil akan mengganggu penampilan. Atau bahkan jika terlalu besar juga terlihat kurang biak. Bagi anda yang ingin memiliki betis yang lebih besar namun tetap ideal, dan terlihat lebih kencang bisa menjadikan jogging sebagai salah satu usahanya. Karena dengan jogging akan membuat kontraksi di bagian betis kita. Dengan begitu akan terjadi pembesaran pada betis bukan karena lemak tapi karena otot yang membesar secara alami.

  1. Melancarkan Siklus Menstruasi

Khusus bagi wanita, diantaranya tentu mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak tetap. Hal tersebut cukup mengganggu jika datang bulan datang secara tiba-tiba tanpa memiliki pola yang jelas. Dengan melakukan olahraga jogging akan membuat siklus menstruasi anda lebih baik. Maka mulailah untuk membiasakan diri berlari santai di pagi hari untuk mengatasi problem menstruasi anda.

  1. Menambah Nafsu Makan

Metabolisme tubuh akan semakin meningkat ketika kita melakukan aktivitas jogging. Hal itu akan membantu kita untuk mudah lapar sehingga akan membuat nafsu makan kita meningkat. Bagi anda yang memiliki kesulitan nafsu makan, bisa menjadikan jogging sebagai solusinya. Atau bisa saja bagi orang tua yang memiliki anak bermasalah dalam nafsu makannya, mungkin anda para orang tua bisa mencoba mengajak buah hati anda untuk olahraga jogging bersama. Selain memberikan efek nafsu makan bagi anak, kegiatan itu turut membuat hubungan antar orang tua dan anak semakin erat.

  1. Otot Paha Lebih Berisi

Saat kita bergerak ketika melakukan olahraga jogging. Bagian tubuh yang aktif bergerak adalah kaki kita. Bagian kaki kita turut bergerak dari pangkal hingga ujung dari kedua kaki kita. Itu akan membuat otot bokong sampai paha kita akan semakin terlatih dan menjadi lebih kuat. Sehingga bagian tubuh kita tersebut akan semakin kencang dan padat berisi. Hal itu baik untuk membuat tampilan psotur tubuh yang ideal. Dengan begitu akan turut menambah rasa percaya diri bagi anda dengan memiliki tubuh yang ideal.

  1. Mengatasi Sesak Nafas

Sistem yang cukup penting dalam tubuh kita adalah system pernafasan. Dengan bernafas kita akan hidup. Masalah yang terkait dengan pernafasan salah satunya adalah sesak nafas. Penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga jogging akan membantu bernafas terasa lebih lega. Penelitian tersebut dilakukan kepada para penderita asma yang dilatih untuk rutin melakukan jogging selama 3 bulan, dan hasilnya mereka merasa asmanya menjadi jarang kambuh.

  1. Memperkuat Tulang Kaki

Ativitas olahraga jogging bisa membakar lemak dan meningkatkan metabolisme sel-sel otot dan tulang kita. Gerakan yang aktif pada kaki akan membuat sel-sel tulang lebih cepat bermetabolisme. Hal itu baik untuk mengganti sel-sel tulang yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel yang baru. Sehingga tulang kita akan lebih padat dan kuat. Bagi anda yang beraktivitas yang berat, serta mobilitas yang tinggi saat bekerja tentu membutuhkan kaki yang kuat untuk bekerja. Sebaiknya, anda turut menyiapkan rutinitas jogging untuk masuk dalam daftar agenda anda.

  1. Mencegah Resiko Kanker

Pendapat dari beberapa peneliti setuju bahwa dengan olahraga olahraga jogging dapat membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini karena dikaitkan dengan perputaran oksigen yang lebih baik saat melakukan jogging. Dengan perputaran oksigen yang baik maka proses regenerasi sel tubuh juga ikut baik. Dengan itu bisa membantu mengurasi resiko kanker.

  1. Mengontrol dan Mencegah Diabetes

Olahraga Jogging juga bisa membantu mengendalikan dan mencegah diabetes. Gaya hidup dan pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat serta kelebihan berat badan telah terbukti secara langsung dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Dengan anda melakukan jogging maka anda akan berusaha mengimbangi dengan pola hidup sehat.

  1. Meningkatkan Stamina

Dengan melakukan jogging secara rutin dapat membuat anda memperoleh stamina yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi dengan peningkatan daya tahan tubuh dan beberapa faktor yang telah di ceritakan sebelumnya. Sehingga dapat meningkatkan stamina pada diri anda.

Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Mental

 

Olahraga jogging tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja. Ternyata dengan olahraga jogging bisa untuk meningkatkan Kesehatan Mental. Berikut ini Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Mental.

  1. Memberikan Semangat Sepanjang Hari

Menjalani aktivitas dengan motivasi yang tinggi menjadi harapan bagi kita semua. Rasanya sangat tidak menyenangkan jika ketika bangun tidur badan kita terasa lemas dan lesu, apalagi di buat untuk beraktivitas tentu akan terasa tidak menyenangkan. Jika anda merasakan hal demikian mualilah merubahnya dengan melakukan olahraga jogging. Aktivitas itu membuat kita lebih sering bernafas, dengan begitu akan membuat oksigen masuk ke dalam tubuh lebih banyak. Udara yang segar saat bernafas baik untuk kesehatan sel-sel tubuh kita.

Tidak hanya untuk kebugaran fisik, ketenangan pikiran akan kita dapatkan. Dampaknya jika pikiran dan mental kita tenang akan membuat mood kita baik dan akan membuat kita bersemangat menjalani hari.

  1. Meningkatkan Produktifitas Kerja

Kerja dengan baik tanpa ada masalah dan cepat dikerjakan merupakan keinginan kita. Produktifitas kerja kita pun salah satunya dapat dipengaruhi karena jogging. Studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa rutin melakukan olahraga jogging akan berdampak pada aktivitas kerjanya. Dalam artian, akan jarang melakukan kesalahan dan memiliki konsentrasi yang tinggi saat bekerja.

  1. Memperpanjang Harapan Hidup

Umur memang rahasia tuhan. Namun perlu diketahui bahwa usaha kita turut mempengaruhi nasib kita. Dari hasil penelitian hingga dilakukan sebanyak 22 kali menemukan bahwa berlari 2,5 jam seminggu bisa mengurangi resiko meninggal dunia di usia muda. Penelitian lain menyebutkan resiko meninggal dunia bisa di kurangi dalam usia muda hingga 50 % kemungkinannya.

Beberapa studi dan peneliti ilmiah menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga termasuk salah satunya olahraga jogging dapat meningkatkan harapan hidup seseorang lebih lama. Hal ini berdasarkan aktivitas latihan jogging yang dilakukan secara rutin dan tidak melewati batas kemampuan tubuh, seperti seminggu 3x.

  1. Rasa Percaya Diri Bertambah

Akibat dari olahraga jogging adalah membantu membuat tubuh kita terlihat lebih ideal. Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Memiliki tubuh ideal akan membuat kita semakin percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Bahkan baru-baru ini, ada studi yang menunjukkan bahwa dengan olahraga jogging akan menstimulasi hormon, yang membuat perasaan lebih bahagia.

  1. Menambah Hubungan Sosial

Jogging lebih asyik jika dilakukan bersama-sama. Pilihlah tempat yang biasa digunakan banyak orang untuk olahraga jogging. Dengan begitu, bukan tidak mungkin akan membuat kita berkenalan dengan banyak orang. Saling berbagi info kesehatan hingga menjalin hubungan yang lebih dekat bukan tidak mungkin akan terjadi. Hal itu baik untuk menambah teman bahkan partner bisnis kita.

  1. Terhindar Dari Stress

Olahraga jogging seperti yang sudah disinggung di awal, selain baik untuk kesehatan fisik juga sehat untuk kesehatan jiwa kita. Karena saat kita jogging akan memberikan rasa nyaman dan tenang dalam pikiran kita. Hal itu baik untuk membantu ,kita terhindar dari stress. Apalagi olahraga jogging bisa dilakukan bersama-sama sehingga kita bisa bersenda gurau dengan partner jogging kita. Namun bagi anda yang sendirian, bisa disiasati dengan memainkan music player dengan menggunakan headset. Sambil berlari anda akan merasa tenang, karena music juga memiliki pengaruh dalam memberikan ketenangan jiwa pendengarnya.

Tips dalam Olahraga Jogging

Beberapa tips jogging untuk pemula :

  • Konsultasi dengan dokter sebelum memuai program olahraga jogging merupakan salah satu awal yang tepat. Terutama bagi anda usia di atas 40 tahun ke atas, kelebihan berat badan, atau mempunyai sakit yang tergolong kronis atau sudah lama tidak melakukan olahraga.
  • Untuk pemanasan atau mengawali, mulailah dengan berjalan cepat terlebih dahulu setidaknya 30 menit.
  • Jangan lupa awali dengan peregangan sebelum melakukan jogging.
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Usahkan untuk banyak minum air putih sebelum, ketika dan sesudah melakukan aktivitas apapun.
  • Rencakan rute yang baik untuk melakukan jogging. Pilih daerah yang datar untuk pemula. Akan lebih baik tidak mengambil rute jalan raya. Karena jalan raya beresiko menghirup udara kotor dan polusi dari kendaraan ketika kondisi jalan tersebut padat.
  • Gunakan perlengkapan olahraga jogging yang sesuai, seperti sepatu, pakaian yang tepat untuk mengurangi resiko cedera
  • Hindari lathan yang berlebihan dan beristirahatlan yang cukup

Di atas adalah sedikit rangkuman yang cukup bisa menjawab pertanyaan Apa Manfaat Olahraga Jogging?. Jangan lupa selalu hidup sehat untuk mendapat kualitas hidup yang lebih baik

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

artikel terkait :

Leave a Reply