tips liburan macaminfo.com

5 Tips untuk Mengurangi Resiko Kasus Kejahatan saat Liburan atau Traveling

Posted on
tips liburan macaminfo.com

Tips Liburan – Saat ini, tindak kasus kejahatan yang terjadi pada saat liburan masih sangat tinggi. Apalagi bagi kamu yang sering membawa benda penting dalam jumlah yang cukup banyak. Siap-siap deh untuk menjadi incaran bagi para pelaku kejahatan. Lagian sih, liburan kok kayak mau pindahan rumah. Semua benda penting yang tidak ada perlumya sama sekali dibawa. Maka dari itu jika kamu tidak ingin terkena kasus keajahatan saat liburan, pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang 5 Tips untuk Mengurangi Resiko Kasus Kejahatan saat Liburan atau Traveling. Penasaran apa saja kelima cara tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

baca juga : Sering Berkunjung ke Wisata Air? Benda Sepele Ini Ternyata Bisa Menyelamatkanmu

5 Tips Liburan untuk Mengurangi Kejahatan

1. Jangan Pergi Sendirian

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kasus kejahatan saat liburan yaitu jangan pernah pergi sendirian. Usahakanlah untuk pergi dengan teman, pacar, sahabat, ataupun keluarga kamu. Karena para pelaku kejahatan akan sering melakukan aksinya pada orang-orang yang pergi liburan sendirian. Maka dari itu jika kamu tidak ingin terkena kasus kejahatan, usahakanlah untuk semaksimal mungkin untuk tidak pergi liburan sendirian. Para pelaku kejahatan tentunya akan berpikir dua kali untuk melakukan tindak kejahatan pada diri kamu.

2. Perhatikan Keadaan Sekitar

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kasus kejahatan saat liburan yaitu dengan senantiasa memperhatikan keadaan sekitar. Jika ada gerak gerik orang yang kamu curigai, maka bergegaslah untuk pergi dan mencari tempat yang ramai orang. Hal ini dilakukan agar ketika sewaktu-waktu ada orang yang mau berbuat kejahatan pada diri kamu, kamu akan aman karena sudah pasti orang-orang yang ada di sekitar kamu akan menolong dengan segera.

3. Jangan Pergi ke Tempat Sepi

Tempat yang sepi merupakan tempat yang paling sering dan sangat berpotensi terjadinya kasus kejahatan. Bahkan, para pelaku kejahatan juga tidak akan segan-segan melukai korban demi bisa mendapatkan apa yang ia mau. Kalau sudah begini, tidak akan ada orang yang akan menolong kamu. Apalagi pelaku kejahatannya bergerombol, kamu tidak akan bisa menyelamatkan diri dengan cepat. Jika kamu memang ingin pergi ke tempat yang sepi, misalnya ke toilet mintalah pemandu wisata atau temanmu untuk menemanimu. Hal tersebut jauh lebih aman ketimbang kamu pergi sendirian ke tempat yang sepi.

4. Jangan Suka Pamer Harta

Jadi orang tidak usah terlalu suka pamer. Sesuaikanlah tempat jika kamu ingin pamer harta. Khususnya bagi para wanita yang suka memakai perhiasan dengan jumlah yang berlebihan. Tipekal orang seperti inilah yang akan menjadi incaran para pelaku kejahatan. Bukan tidak boleh memakai perhiasan, hanya saja untuk meminimalisir tindak kasus kejahatan, usahakanlah untuk tidak memakainya pada saat liburan. Kamu tentunya tidak inginkan menjadi korban kejahatan?

5. Hindari Interaksi dengan Orang yang Tidak Dikenal

Saat berada di tempat wisata, tentu kamu akan melihat banyak orang yang tidak kamu kenal. Oleh karena itu, kamu harus senantiasa berhati-hati dan hindarilah untuk berinteraksi dengan orang yang tidak kamu kenal. Jadi, jika ada orang yang tidak kamu kenal tiba-tiba mendekatimu dan mengajak kamu ngobrol, segera tinggalkan. Ucapkanlah selamat tinggal padanya. Karena bisa saja orang tersebut punya niat jahat sama kamu. Hal ini dilakukan untuk keselamatan kamu juga kok. Agar aktifitas liburan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

baca juga : Istana Maimun, Potret Indah Wisata Melayu di Sumatera Utara

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kasus kejahatan saat liburan. Semoga Bermanfaat!

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply